Minggu, 06 Oktober 2013

Knowing Your Skin Types


Ada 4 jenis kulit yang paling dasar, yaitu kulit normal, berminyak, kering, dan sensitif.  Jenis kulit ditentukan dari berapa banyak kulit anda memproduksi minyak. Hal-hal yang mempengaruhi produksi minyak seseorang adalah faktor genetik, diet, tingkat stress, hormon yang berfluktuasi, obat-obatan, dan skincare yang anda gunakan.  Anda akan menemukan kondisi dimana jenis kulit anda berubah-ubah setiap beberapa bulan, dan hal tersebut adalah normal karena jenis kulit dipengaruhi oleh faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.  

Cara untuk mengetahui jenis kulit anda adalah sebagai berikut :
Cuci wajah anda, keringkan dengan handuk, kemudian tunggu selama 1 jam sambil anda melakukan aktivitas normal. Tekan-tekan kertas minyak di beberapa area wajah anda. Jika kulit anda berminyak, maka kertas minyak tersebut akan menempel di kulit anda,dan meninggalkan bekas transparan di kertas minyak. Jika kertas minyak tidak menempel di wajah dan tidak meninggalkan noda minyak, maka kulit anda cenderung kering. Jika kertas minyak hanya menempel pada daerah T (kening, hidung, dan dagu), maka anda memilki kulit kombinasi atau normal. Kebanyakan wanita memiliki jenis kulit kombinasi.

Kulit Normal
Kulit normal adalah jenis kulit yang ideal, di mana kulit memiliki pori-pori yang kecil, tidak berminyak, dan tidak kering, wajah memiliki tingkat kelembaban yang tepat. Kulit anda memiliki rona yang sehat, elastis dan halus. 

Untuk merawat kulit normal cukup rajin membersihkan kulit dan menggunakan pelembab setiap hari. Jangan lupa melakukan scrub dan masker secara rutin.



Kulit Berminyak
Jenis kulit berminyak ditandai dengan kulit yang mengkilat, terutama di daerah T, yaitu daerah kening, hidung, dan dagu. Jenis kulit ini juga cenderung memiliki pori-pori yang besar, mudah berkomedo, dan berjerawat, karena produksi kelenjar minyak yang berlebih. Hal positif dari kulit berminyak adalah jenis kulit ini menua lebih lama bila dibandingkan dengan jenis kulit kering karena minyak di wajah membuat kulit tetap lembab dan mencegah timbulnya kerutan. Kebanyakan wanita memiliki kulit berminyak ketika berusia muda, kemudian ketika menua kulitnya berubah menjadi kering, terutama pada usia diatas 35 tahun. 

Untuk merawat kulit berminyak, cucilah menggunakan sabun khusus kulit berminyak. Lakukan scrub dua kali seminggu dan gunakan pelembab yang bebas minyak. Pilihlah foundation yang berbahan dasar air dan gunakan blush on jenis powder.



Kulit Kombinasi
Jenis kulit kombinasi ditandai dengan daerah T yang berminyak dan daerah lainnya kering. Daerah yang kering biasanya terletak di pipi dan sekitar mata.

Untuk merawat kulit kombinasi, anda harus memisahkan perawatan untuk daerah T dan daerah yang kering. Gunakan produk perawatan untuk kulit berminyak di daerah T dan produk perawatan untuk kulit kering di area kulit yang kering.  Jangan lupa melakukan scrub dua kali semiinggu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. 



Kulit Kering
Kulit kering yang diakibatkan oleh hormon biasanya datang di usia 35 tahun keatas. Kulit kering membuat kulit terasa kencang, terutama setelah memberishkan wajah. Kulit jenis ini memiliki kecenderungan munculnya kerutan halus, flek, dan bintik-bintik merah. Untuk wanita berkulit gelap, kulit yang kering cenderung tampak kusam akibat dari timbunan sel kulit mati.

Kulit kering membutuhkan perawatan khusus, gunakanlah cleanser dan pelembab yang mengandung minyak untuk membantu memberikan kelembaban pada kulit anda. Lakukan scrub dan masker secara rutin.



Kulit Sensitif
Anda memiliki kulit yang sensitif jika anda mudah teritasi oleh matahari, udara dingin produk kosmetik dan perawatan lainnya, biasanya ditandai dengan kulit wajah memerah, dan gatal. 

Menemukan cleanser dan pelembab yang tepat untuk kulit sensitif  adalah hal yang tidak mudah. Untungnya, sekarang sudah banyak brand kosmetik yang mengeluarkan produk perawatan khusus untuk kulit sensitif. Pilihlah kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti mineral, dan tidak mengandung pewangi untuk menghindari efek alergi terhadap produk tersebut. 


** Dari berbagai sumber




Tidak ada komentar:

Posting Komentar