Jumat, 13 Juli 2012

Wedding Hair Accessories

Pada posting kali ini saya akan membahas mengenai berbagai macam aksesori rambut yang digunakan oleh pengantin, khususnya pengantin internasional. Dalam penggunaannya aksesori rambut memiliki peran yang penting, antara lain :
- Mempercantik tampilan tatanan rambut pengantin
- Mengoreksi bentuk wajah yang kurang ideal dengan menggunakan aksesori yang tepat
- Mempercantik tampilan pengantin secara keseluruhan
- Menciptakan mood tertentu yang disesuaikan dengan tema acara

Adapun aksesori yang sering digunakan oleh pengantin adalah sebagai berikut :

1. Crown / Tiara
Aksesori ini bentuknya terisnpirasi dari mahkota yang dikenakan oleh para ratu kerajaan, di mana pada hari pernikahan seorang pengantin juga diperlakukan bak seorang ratu. Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk dari aksesori crown ini menjadi makin beragam, ada yg bentuknya meruncing di tengah dan ada juga yang bentuknya mendatar. Aksesori crown ini sangat digemari oleh para pengantin untuk mempercantik penampilannya di hari spesialnya, karena selain bentuknya yang cantik, crown juga sangat cocok dipadukan dengan tatanan rambut model updo. Bentuk wajah yang cocok menggunakan crown adalah bentuk wajah bulat, karena crown akan memberikan efek wajah menjadi memanjang.

courtessy of Desy & Boy
courtessy of Riama & Aldo


2. Ribbon / Pita
Aksesori ini juga banyak menjadi pilihan para pengantin untuk tampil istimewa di hari spesialnya, terutama karena bentuknya yang sangat manis dan simple, sehingga keseluruhan riasan pengantin menjadi lebih terpancar. Bentuk wajah yang cocok memakai aksesori ribbon ini adalah yang berwajah oval dan panjang.

photo by Caesar Marco
photo by PJ

3. Fresh Flowers
Aksesori fresh flower biasanya digemari oleh para pengantin wanita karena memberikan kesan feminin dan elegant. Adapun bunga-bunga yang biasa digunakan sebagai aksesori rambut antara lain mawar, baby breath, anggrek cymbidium, casablanca, dan lain-lain. Bentuk wajah apapun cocok dengan aksesori bunga segar, tinggal penempatannya disesuaikan dengan bentuk wajah.  Biasanya aksesori bunga segar dipakai pada saat pemberkatan di gereja, dan warnanya senada dengan hand bouquette yang dibawa oleh pengantin, namun aksesori ini juga tetap cantik digunakan untuk acara resepsi.

courtessy of Juli & Joseph
courtessy of Utari & Rio

4. Lace & Stone Arrangements
Lace & stone arrangements adalah aksesori yang bentuknya bisa berupa akar-akaran, rangkaian batu-batu dan kristal, atau dari bahan kain, seperti brokat/lace. Aksesori jenis ini sangat cocok dipadukan dengan tatanan rambut updo yang tinggi dengan/tanpa poni, posisinya biasanya diletakkan di samping kiri atau kanan. Untuk lebih menonjolkan detail aksesorinya, pemakaian aksesori dapat divariasikan dengan diposisikan agak di depan. Aksesori ini cocok untuk pengantin yang berwajah bulat dan diamond, karena dapat menyamarkan bentuk tulang pipi yg chubby atau yang menonjol. Aksesori ini memberikan kesan anggun dan elegant.

photo by Agung Bawono
photo by 1001

5. Corsage
Aksesori corsage ini banyak menjadi pilihan para pengantin karena modelnya yang sangat modern dan cantik. Corsage ini dapat juga dipadukan dengan elemen-elemen lain, seperti kristal, lace, feather, dan lain-lain. Pengantin dengan bentuk rahang yang besar sangat cocok menggunakan aksesori corsage ini di bagian samping bawah, agar dapat menyamarkan bentuk rahangnya. Untuk menciptakan kesan lebih playfull, corsage dapat diletakkan di bagian samping atas.

photo by Anselight
photo by Marvello


6. Mini Veil
Mini veil adalah aksesori berbentuk jaring-jaring yang biasanya dikombinasikan dengan corsage atau feather, bisa digunakan sebagai aksesori untuk hari pernikahan. Aksesori ini bisa sekaligus digunakan sebagai veil untuk pemberkatan, sehingga pengantin tidak perlu lagi mengenakan veil yang panjang. Aksesori memberikan kesan klasik dan elegant, sangat cantik dipadukan dengan tatanan rambut finger wave.

photo by Lucky Sidney
photo by Johanes Yoo

7. Necklace
Aksesori ini sebenarnya merupakan kalung yang biasa dikenakan di leher, namun untuk penampilan yang unik dan anggun, kalung juga bisa digunakan sebagai aksesori rambut. Penempatan aksesori ini sangat bervariasi, bisa diletakkan di bagian dahi, di samping sanggul, atau di bagian atas sanggul (menyerupai mahkota).

photo by 1001
photo by Yanuar Nuvio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar