Jumat, 19 Oktober 2012

Types of Makeup Foundation




Foundation dewasa ini telah diproduksi dengan berbagai macam bentuk dan dapat menyesuaikan dengan jenis kulit serta kebutuhan kita. Foundation hadir dari bentuk yang paling cair sampai yang paling padat, di mana semakin tebal foundation maka memiliki daya cover yang tinggi, namun lebih sulit untuk diaplikasikan. Dengan foundation yang ringan, aplikasi foundation menjadi lebih mudah tetapi daya cover foundation kurang baik. Foundation memiliki fungsi untuk meratakan skin tone kulit wajah anda dan menutupi noda-noda, seperti flek, bekas jerawat, tanda lahir, dll. Selain itu, foundation juga berfungsi untuk membantu kulit terlihat lebih sehat dan lembab. Berikut adalah bebeapa jenis foundation yang bisa anda pilih :


1.    Tinted Moisturizer
Tinted moisturizer sebenarnya adalah moisturizer yang memiliki kandungan foundation, sehingga daya covernya tidak terlalu tinggi. Jadi, jika anda membutuhkan foundation yang tidak terlalu berat untuk aktivitas sehari-hari dan sekaligus memperoleh nutrisi dari moisturizer, pilihlah foundation jenis ini. Tinted moisturizer memiliki fungsi menghaluskan dan melindungi kulit, sekaligus meratakan skintone anda. Tinted moisturizer cocok untuk segala jenis kulit, terutama jenis kulit kering, karena fungsi utamanya adalah sebagai pelembab wajah.



2.    Mousse or Whipped Foundation

Mousse Foundation adalah foundation cair dengan kandungan udara di dalamnya, sehingga teksturnya lebih ringan dan halus. Foundation jenis ini lebih mudah diaplikasikan untuk memperoleh hasil yang tipis dibandingkan dengan foundation cair. Mousse foundation hadir dalam kemasan spray seperti whipped cream.  Foundation jenis ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama untuk kulit kering atau kulit yang sudah menua karena terksturnya yang ringan dan halus, sehingga tidak akan tertinggal di garis-garis kerutan wajah.

 

3.    Liquid Foundation

Liquid foundation adalah salah satu jenis foundation yang paling populer, karena mudah diaplikasikan dan mudah diperoleh dimana-mana. Daya cover liquid foundation adalah medium dan dapat memberikan kelembaban yang alami pada kulit. Cara pengaplikasiannya bisa menggunakan spons atau kuas sintetis. Untuk jenis kulit berminyak dapat memilih jenis liquid foundation dengan water based formula atau oil free liquid foundation.  Water based foundation mengandung minyak silikon yang dapat memudahkan pengaplikasian dan juga memberikan kilau pada wajah.  Untuk kulit kering dan keriput dapat memilih liquid foundation dengan oil based formula. Untuk kulit normal gunakanlah liquid foundation dengan water based formula untuk memberikan hasil akhir yang lebih ringan.





4.    Cream foundation

Cream foundation memiliki tekstur yang kental dan creamy, biasanya hadir dalam bentuk stik atau di dalam tube.  Daya cover foundation jenis ini sangat baik untuk menutupi noda-noda di wajah, seperti jerawat dan bekas luka, memberikan hasil akhir yang halus dan mengkilap. Foundation jenis ini memiliki kandungan minyak yang tinggi, sehingga tidak cocok untuk jenis kulit berminyak. Foundation ini cocok untuk kulit normal dan kulit kering, karena memberikan kelembaban yang tinggi dengan daya cover tinggi, serta memberikan efek kilau pada kulit wajah.
 

5.    Cream-to-Powder Foundation

Foundation jenis ini merupakan jenis foundation cair, namun setelah diaplikasikan hasilnya akan seperti ketika anda mengaplikasian bedak tabur, Foundation ini kering dengan cepat dan memberikan hasil akhir yang halus , serta dapat menyerap kelebihan minyak di wajah dan tahan lama. Foundation jenis ini mudah diaplikasikan dan tidak perlu mengaplikasikan bedak tabur lagi, karena ketika mengering foundation akan menghasilkan tampilan seperti memakai bedak tabur. Cream-to-powder foundation cocok untuk jenis kulit kombinasi dan normal.
   

 6.    Cake or Stick foundation

Cake or stick foundation hadir dalam bentuk padat, ketika diaplikasikan akan cepat kering dan memberikan hasil akhir yang matt. Foundation jenis ini biasa digunakan sebagai pengganti concealer, karena memilki daya cover yang sangat tinggi untuk menutupi noda-noda di wajah. Foundation jenis ini cocok untuk digunakan pada pemotretan, make up panggung, dan drama, karena cukup berat apabila digunakan untuk sehari-hari. Untuk jenis kulit kering sebaiknya menghindari foundation jenis ini, karena akan membuat kulit anda makin kerlihat kering dan tidak rata. Cake or stick foundation paling tepat digunakan oleh kulit berminyak. 



 7.    Powder Foundation

Powder foundation hadir dalam dua bentuk, yaitu loose powder dan pressed powder. Foundation jenis ini sangat kering dan tidak mengandung pelembab. Foundation jenis ini cocok bagi mereka yang jarang mengaplikasikan makeup karena memberikan hasil akhir yang natural dan sangat mudah digunakan. Powder foundation juga sering digunakan untuk memperbaik hasil riasan. 



                  Loose Powder foundation

Loose powder foundation dapat digunakan untuk finishing setelah mengapliasikan foundation dan menyerap kelebihan minyak dari foundation. Gunakanlah kuas kabuki dan aplikasikan ke seluruh permukaan wajah. Loose powder foundation sangat cocok untuk jenis kulit berminyak.
 



                              
                               Pressed powder foundation:

Pressed powder foundation tersedia dalam banyak warna dan biasanya digunakan untuk touch up foundation. Bentuknya berupa bedak tabur yang dipress atau dipadatkan, aplikasikan menggunakan spons basah atau kering. Pressed powder foundation cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit berminyak.  


8.    Concealer

Concealer adalah jenis foundation yang memiliki daya cover sangat tinggi, dan biasa digunakan untuk menutupi noda-noda bekas jerawat, area bawah mata, flek, dll. Gunakanlah concealer sebelum mengapilkasikan foundation hanya di area-area yang membutuhkan. 

  


1 .             9.  Waterproof foundation

Waterproof foundation adalah jenis foundation yang digunakan pada cuaca yang sangat panas, hujan, atau kelembaban tinggi. Ketika udara sangt panas atau lembab, kita akan mengeluarkan banyak keringat yang akan menyebabkan foundation cepat luntur. Begitu juga dengan hujan, ketika foundation terkena tetesan air hujan maka akan dengan mudah terhapus. Foundation jenis ini hadir dalam bentuk liquid dan cream, sangat mudah diaplikasikan dan memberikan hasil kulit yang segar. Untuk kulit berminyak dapat memilih waterproof foundations oil free liquid, sedangkan kulit kering dapat memilih waterproof foundations  jenis cream.



10. Minerals foundation 

Mineral foundation dibuat dari mineral alam yang digiling halus. Ini adalah produk yang alami dan aman bagi semua jenis kulit, terutama kulit sensitif dan alergi. Foundation ini hadir dalam bentuk loose powder yang dilengkapi dengan brush aplikatornya.

  

11.    Spray Foundation

Spray foundation adalah pertolongan pertama ketika foundation yang kita kenakan  sudah mulai luntur. Cukup semprotkan ke permukaan wajah, maka makeup anda akan kembali segar seperti semula. Spray foundation  hadir dalam bebagai pilihan warna dan sangat mudah diaplikasikan. Foundation jenis ini cocok untuk jenis kulit sensitif.




** Dari berbagai sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar